Konvergensi Teknologi Informasi & Internet di Indonesia
Berawal dari peralatan sederhana PC 286 bekas & teknologi amatir radio paket 1200bps di tahun 1992-an. Teknologi Internet amatir radio sederhana berbasis ORARI mulai debut Internet Indonesia mengkaitkanBPPT, UI, LAPAN, Pusdata Depperindag dan ITB di tahun 1992-an. Saat ini, Internet di Indonesia mulai subur di dorong anak muda hingga pemakai sekitar satu (1) juta orang dan terus bertambah. Isu berkisar di dua bidang utama yaitu akses Internet dan aplikasi-nya, yang mempunyai konsekuensi tidak hanya dari sisi teknologi tapi juga bidang lain seperti ekonomi, sosial, budaya, hukum (cyberlaw) & pendidikan. Keberadaan cyberlaw, cyber-policy & badan setingkat menteri di Indonesia sangat diperlukan untuk memfasilitasi pemanfaatan maksimal konvergensi wahana 3C (computer, communication & content). Kebebasan merupakan ciri khas wahana internet dengan regulasi pemerintah minimum & sangat diwarnai oleh kooperasi, kompetisi & konsensus para pelakunya. Semakin dibebaskan semakin marak dunia Internet & IT di Indonesia, bahkan mungkin sebaiknya dibuka investasi asing 95% seperti kesepakatan di WTO bahkan bila perlu diberikan insentif pada investor daripada bertumpu kebijakan berhutang ke IMF, ADB & Bank Dunia.
Konvergensi banyak membawa perubahan dalam perkembangan kehidupan manusia. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Konvergensi teknologi informasi menyebabkan bergesernya pola perilaku manusia dalam bekerja, belajar, mengelola lembaga bisnis atau perusahaan, menjalankan pemerintahan, maupun dalam melakukan perdagangan. Sejalan dengan itu, kini kita akrab dengan aktivitas bisnis baik perdagangan maupun perbankan yang akrab kita kenal dengan sebutan e-commerce dan e-banking. Di sektor pemerintahan saat ini telah dikenalistilah e-government.
Broadband
Broadband secara umum dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas tinggi. Menggunakan DSL, modem kabel, Ethernet, wireless access, fiber optik, W-LAN, V-SAT, dsb. Rentang kecepatan layanan bervariasi dari 128 Kbps s/d 100 Mbps. Tidak ada defenisi internasional spesifik untuk broadband. Dalam draf RPM penataan pita frekuenzi radio untuk keperluan layanan akses pita lebar berbasis nirkabel (broadband wireless access) di usulkan defenisi broadband adalah layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kemampuan kapasitas diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1.
Sejarah jaringan broadband
Pada awal mula perkembangan broadband, perusahaan telekomunikasi menggunakan kabel tembaga sebagai media transmisinya, namun permasalahannya servis-servis yang dapat ditawarkan sangat terbatas. Permasalahan ini disebabkan oleh keterbatasan bandwidth yang dapat dipergunakan. Seiring dengan berjalannya waktu, mucullah teknologi baru yang pelayanannya menggunakan bandwidth lebih besar, teknologi ini disebut broadband. Salah satu teknologi broadband tersebut adalah DSL yang dapat memberikan layanan triple plays ( voice, video dan data) Teknologi-teknologi lainnya yang mendukung layanan triple plays adalah : HFC cables, wireless dan fiber optik yang menggunakan system PON ( Passive Optical Network ). Pertengahan tahun 90an adalah saat2 penting dari perkembangan telekomunikasi, dimana pada masa itu mulai diimplementasikan teknologi-teknologi baru seperti : SONET (Synchronous Optical Network), ATM (Asynchronous Transfer Mode), Frame Relay dan ISDN (Integrated Services Digital Network) Dengan munculnya teknologi-teknologi baru tersebut, kinerja perusahaan telekomunikasi menjadi semakin lambat dan pendapatanpun berkurang. Untuk menyiasatinya, di mulailah bisnis baru dengan layanan baru untuk menciptakan pendapatan baru. Pada saat bersamaan kompetitor perusahaan telekomunikasi, Cable operator atau MSO (Multisystem Operator), memulai era persaingan baru. Sehingga pada pertengahan sampai akhir tahun 90an terjadi persaingan sengit diantara dua perusahaan tersebut. Pada saat itu MSO sudah menggunaan HFC cable ( Hybrid Fiber Coaxial), sementara perusahaan telekomunikasi menggunakan twisted pair coaxial. Kemudian muncul teknologi baru yang disebut ADSL, perusahaan telekomunikasi menganggap ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan bidang usahanya, yaitu layanan broadband video, yang menggunakan spectrum frekuensi yang tidak terpakai pada kabel tembaga yang ada. Pada saat itu perusahaan telekomunikasi mengira bahwa layanan video on demand akan menarik minat banyak pelanggan. Namun pada saat bersamaan, internet muncul dan langsung masuk dan berkembang di pasaran dengan perkembangan yang sangat pesat. Sehingga ADSL yang pada mulanya difokuskan untuk layanan video streaming to the home, mulai dikembangkan untuk layanan data internet, sehingga dalam satu media transmisi dapat dilayani tiga buah layanan yaitu voice, video dan data.
Faktor pendorong broadband
Untuk pemerintah
- Broadband dilihat sebagai insfaktur penting untuk mencapai tujuan-tujuan pemerintah
dibidang sosi-ekonomi.
- Untuk mendorong penyediaan layanan publik seperti E-governance, E-learning, Tele
medicine.
Untuk penyelenggara jaringan/jasa telekomunikasi
- Suatu pilihan untuk mengurangi penurunan pendapatan dari teknologi lama
(POTS/PTSN).
(POTS/PTSN).
- Potensi tambahan pendapatan dari layanan nilai tambah
- Potensi penambahan secara eksponensial dalam ARPU.
Untuk konsumen
- Tersedianya rentang aplikasi yang lebih banyak dan lebih kaya.
- Akses yang lebih cepat terhadap informasi.
- Layanan yang semakin mengarah konvergensi (VOIP, video on demand).
Teknologi broadband
Teknologi broadband Infrastruktur Eksisting
- DSL melalui jaringan akses tembaga (DSL over Copper loop)
- Modem kabel melalui jaringan TV kabel (Cable Modem Over Cable TV Network)
- Akses broadband jalur listrik (Power Line Broadband Access)
Infrastruktur baru
- Fiber To The Home (FTTH)
- Hybrid Fiber Coaxial (HFC)
Infastruktur Nirkabel
- Wireless Access (FWA) / High speed WLL
- Wireless LAN (Wi-Fi) (802.11), Wimax (802.16), I-Burst (802.20), dsb
- V-SAT
- IMT-2000 (3G Mobile): HSDPA/ CDMA-EDEVO.
Aplikasi broadband
Layanan Personal
- Akses Internet berkecepatan tinggi (256 kbps dan lebih)
- Multimedia
Layanan publik dari pemerintah
- E-governance
- E-education
- Tele-medicine
Layanan komersial
- E-commerce
- Corporate internet
- Videoconferencing
Layanan video dan hiburan
- Broadcast TV
- Video dan demand
- Interactive gaming
- Music on demand
- Online radio
Layanan broadband
DSL
DSL adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting untuk layanan broadband. Jenis-jenis teknologi : HDSL, ADSL, IDSL, SDSL, VDSL, dll. DSL mampu membawa informasi suara dan data (termasuk gambar/video), untuk data dengan kecepatan bervariasi (32Kbps s/d 8Mbps).
Karena menggunakan kabel telepon, maka DSL menyediakan bandwith frekwensi secara dedicated (no-share bandwidht). DSL mempunyai Bite Rate yang tinggi (asymetric dan symetric). DSL menggunakan aplikasi mode IP dan ATM. Dan DSL mudah instalisasi dan langsung dapat dipakai.
ADSL
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi akses yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair. Disebut asimetrk karena rate/kecepatan transmisi dari sental ke pelanggang (downstream) tidak sama dengan rate transmisi dari arah pelanggan kesentral (upstream). Bit rate downstream 8Mb/s, upstream 640kb/s. Aplikasi ini digunakan untuk menyalurkan layanan broadband.
Komponen pembangun ADSL
1. Modem ADSL
2. Splitter
3. DSLAM
4. Remote DSLAM
5. ATM Switch
6. BRAS
7. RADIUS
8. NMS
Virtual private network (VPN)
Virtual private network (VPN) adalah sebuah koneksi yang aman antara dua bagian dari sebuah jaringan pribadi yang digunakan pada sebuah jaringan publik seperti Internet untuk mengurangi biaya operasional.
Contoh scope diagram VPN Bagaimana VPN bekerja dan apa kelebihannya?
- Untuk komunikasi yang cepat selalunya VPN akan menggunakan ‘dedicated leased line’ dalam
rangkainnya antar lokasi. Dan sebagai backup VPN yang kami akan sewa ini akan menggunakan
ISDN. Konsep kerja VPN hampir sama dengan konsep jaringan lainnya, yang membedakan hanyalah
ia digunakan untuk/pada kalangan tertentu saja (private).
- sebagai contoh perusahaan DIVA Advertising memiliki beberapa cabang tersebar di beberapa
propinsi di Indonesia, dan pihak manajemen ingin semua lokasi cabang terhubung dengan
menggunakan jaringan komunikasi yang sama, cepat, dan aman untuk memudahkan perhubungan
bisnis/kerjanya. Jadi, hanya staf-staf DIVA advertising saja yang bisa menggunakan
jaringan VPN yang telah didaftarkan tersebut, dan hanya bisa pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan
saja (berdasarkan IP).
Struktur rangkaian pada VPN
Secara sederhana VPN hanya memerlukan jaringan yang sudah didaftarkan kepada provider, sebuah router khusus VPN, dan perangkat komputer (laptop/PC). Dan pada projek ini kami akan menggunakan cisco 3825 & 2811
internet <—> VPN Server <—-> VPN Client <—-> Client
bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini: Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B.
Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.
Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik. Konvergensi media di era globalisasi merupakan bentuk penggabungan media konvensional dengan media baru untuk diarahkan dalam satu tujuan. Konvergensi media sangat berguna bagi khalayak, sebab dapat memperoleh informasi dengan praktis tanpa membutuhkan biaya banyak. Konvergensi menyebabkan perubahan radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik visual, audio, data dan sebagainya. Kunci dari konvergensi adalah digitalisasi. Sekarang kita bisa melihat computer bisa dijadikan sebagai televisi atau telepon genggam dapat menerima suara, tulisan, data maupun gambar tiga dimensi (3G).
Konvergensi media di era digital akan masih berlangsung dan masih tidak dapat diprediksikan dengan pasti apa yang akan terjadi pada media dimasa yang akan mendatang. Konvergensi media tidak bisa dikatakan sebagai suatu hal yang positif ataupun negative, karena akan menimbulkan penilaian yang berbeda apabila dilihat dari berbagai sudut pandang yang ada. Manusia dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi yang ada dan terbaru dengan konvergensi media di era digital sekarang ini. Tidak perlu lagi mencari susah payah dari berbagai tempat dan berbagai sumber untuk mendapatkan informasi. Cukup dengan internet manusia dapat menikmati berbagai informasi yang ada dan terbaru. Namun dampak negative dari konvergensi media juga pasti ada. Karena selalu ingin mendapatkan informasi terbaru, manusia bisa menjadi addicted kepada media digital. Ini dapat mengurangi interaksi social antara manusia, Karena manusia merasa nyaman dengan berkomunikasi dengan dengan media digital. Untuk kita harus bijak dan pintar dalam menghadapi era globalisasi seperti saat ini.
Contoh Confergensi Media
a. Fixed Mobile Convergence (FMC)
Komunikasi seamless (tanpa batas) membutuhkan solusi jaringan kabel dan nirkabel terintegrasi. Dengan FMC, keterbatasan akses bermacam jaringan bisa diatasi tanpa masalah. FMC memungkinkan layanan lintas jaringan bisa terjadi.
b. Internet
Sebagai jaringan, internet merupakan konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur telekomunikasi telepon (PSTN dan nirkabel/wireless).
Sebagai device (alat) internet merupakan konvergensi fungsi transmisi data,
gambar, suara dan gambar bergerak.
c. Telepon genggam
Sebagai device (alat), telepon genggam memiliki fungsi sebagai telepon, radio, organizer, kamera, GPS (Global Positioning System) sederhana, siaran televisi (video streaming), dsb.
d. TV Kabel
Sebagai device (alat), memiliki fungsi sebagai televisi siaran, televisi kabel, akses internet/data.
Konvergensi media juga mendorong bentuk-bentuk konvergensi dan perubahan lainnya, yaitu:
Konvergensi Teknologi
Kebutuhan akan konvergensi media mendorong perubahan teknologi ke arah berintegrasinya beberapa teknologi yang selama ini ada pada bidang teknologi dan media yang terpisah, seperti misalnya:
Teknologi Kamera
Dilakukan dengan memadukan teknologi pengambilan dan penyimpanan gambar secara optis dan digital dalam kamera, yang terlihat pada teknologi kamera foto dan kamera video.
Teknologi Pesawat Televisi
Dengan meningkatkan keragaman fungsi penerima televisi yang memunculkan perangkat-perangkat baru penerima TV seperti HDTV (High Definition Televisi).
Teknologi Telepon
Ditingkatkannya kemampuan jaringan telepon dengan penggunaan sinyal digital dan serat optik sehingga jaringan PSTN dapat dijadikan IntelligentNetwork (IN) dan memberikan layanan Integrated Service Digital Network (ISDN).
Bentuk lainnya adalah dengan digunakannya jaringan seluler dan transmisi satelit yang diintegrasikan dengan jaringan PSTN serta digunakannya teknologi cordless pada pesawat telepon.
Teknologi Cetak Jarak Jauh
Yaitu dengan diintegrasikannya teknologi cetak modern dengan sistem transmisi data, baik melalui satelit (nirkabel), Local Area Network (LAN) berupa nirkabel dan kabel, maupun Personal Area Network (PAN) berupabluetooth sehingga menghasilkan kemampuan cetak jarak jauh (remote printing).
Konvergensi dalam Industri Komunikasi
Bergabungnya beberapa perusahaan yang bergerak pada industri yang sejenis
misalnya:
- Industri televisi, seperti stasiun TV siaran, TV Kabel dan transmisi satelit (DBS TV).
- Industri infrastruktur telekomunikasi: penyedia jaringan PSTN denganIntelligent Network (IN)
dan ISDN serta penyedia jaringan telepon seluler.
- Industri radio: stasiun radio dengan penyelenggara jasa transmisi melalui satelit dan internet
(radio satelit dan radio internet).
Perubahan Gaya Hidup
Terjadinya perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, antara lain terlihat melalui:
- Munculnya “gaya hidup digital” dan gaya “hidup on line” dengan penggunaan komputer dan
LAN secara meluas, paperless office, realtime data (untuk ATM dan Banking system, Airline
reservation, dsb).
- Memasyarakatnya “cybermedia” dan “cybersociety” sejalan dengan meluasnya pemakaian
internet, aplikasi chatting, e-mail, dan ecommerce serta e-banking.
- Munculnya “gaya hidup mobile” dengan menggunakan ponsel secara luas serta
pemanfaatannya untuk m-commerce dan m-banking.
Konsep Jejaring Sosial
Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atauorganisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah inidiperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik sepertinilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Sejarah Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus padahubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuatikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaringsosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yangkemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputitidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunakontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosialMySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaingyang tumbuh dengan cepat.Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketikaYahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeliMySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005.Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chatsuara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikanlayanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapatmenjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahanseperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
MANFAAT
Jejaring sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisamenjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Dampak positif
yang dari penggunaan situs jejaring sosial adalah semakin mudahnya berinteraksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Kemudian, keunggulan lain adalah sebagai sarana promosisuatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Dampak negatifnya
yaitu kurangnya interaksi dengan dunia luar yang menyebabkan orangtersebut menjadi anti-sosial, membukuat orang tersebut kecanduan dan menghabiskanwaktunya seharian di depan komputernya lalu produk menuruntifitas orang tersebut, danyang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan orang tersebut tidaklah sedikit untuk mengaktifkan internet atau membayar warnet.Penyebab masyarakat mengakses situs jejaring sosial yaitu orang tersebut tidak bisa berinteraksi secara “face to face” atau tatap muka secara langsung. Kurangnya saranatransportasi untuk berinteraksi secara langsung.Contoh-contoh tampilan situs jejaring sosial:
Sisi Positif Lain Dari Jejaring Sosial Di Indonesia
Di negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan informasi yang lain.Selain menggunakan media cetak, pemerintah mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009. Banyak sekaliCaleg yang mempromosikan dirinya lewat facebook.
Pengguna Situs Jejaring Sosial
Salah satu survei suatu lembaga sosial, menyatakan bahwa pengguna situs jejaring sosialmayoritas adalah anak muda. Mereka menggunakan situs jejaring sosial untuk mencari temandunia maya, bahkan sarana ini juga digunakan untuk mencari pasangan hidup. Seharusnya, para anak muda yang menggunakan situs jejaring sosial menggunakan sarana ini dengansewajarnya dan tidak mengabaikan lingkungan sosial.
Perkembangan Situs Jejaring Sosial
Pada mulanya, situs jejaring sosial sangat terbatas pada fitur-fiturnya.Akan tetapi,sekarang situs jejaring sosial sudah berkembang pesat. Salah satu perkembangannya yaitu pada penambahan aplikasi-aplikasi penunjang dalam berkomunikasi.Contohnya adalah adanya game online dalam situs jejaring sosial.Harapan PenulisKami sebagai penulis mengharapkan para pengguna situs jejaring sosial, menggunakannyadenga bijak dan tidak lupa akan waktu dan kewajibannya masing-masing.
Dampak Facebook
Facebook demikian marak dibeberapa negara. Perkembangannya cukup pesat. Bermula darisitus jaringan sosial di sebuah universitas dan berkembang pesat ke banyak negara.Mengomentari hal ini segala sesuatu memang semula bermula dari hal kecil dan berkembangmenjadi besar. Tingkat kompleksitas sistem dan jaringanpun berkembang dari semulasederhana menjadi sangat kompleks. Ide yang dapat diambil adalah rencanakan dari hal yangsederhana dan realisasikan rencana tersebut. Semua tidak ada yang instan. Seiring denganrealisasi tersebut tentunya perubahan-perubahan bisa dilakukan sehingga rencana semulayang sederhana menjadi suatu karya yang bermanfaat.Kali ini saya ingin berbagi pendapat saya tentang facebook. Bermula dari dampak baiknyadahulu. Tentunya dengan Facebook kita dapat kembali bertemu dengan teman-teman lamawalaupun di dunia maya. Dengan facebook komunikasi antar teman menjadi lancar walaupun berjauhan. Featurenya cukup beragam membuat nyaman menggunakannya. Bagi yang sedang jauh dari komunitas aslinya karena tugas misalnya sedang studi di luar kota atau luar negerimanfaat facebook sangat terasa. Banyak pengalaman teman-teman yang studi waktu duluterasing selama bertahun-tahun sehingga seperti orang aneh ketika kembali ke komunitassemula.Dengan Facebook kita bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasidifasilitasi dengan sangat bagus. Sebagai contohnya ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahutentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita.Facebook dapat juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide seperti Say No toDrug atau ide-ide lainnya. Membangun komunitas melalui Group atau Pages dengan tujuanyang baik akan sangat bermanfaat. Pertumbuhan Group atau Pages di Facebook terbilangcukup cepat. Sesuatu hal akan berkembang dengan cepat kalau dibangun secara bersama.Dengan pages, suatu perusahaan juga dapat mengiklankan produknya. Mengenai aturan lebihdetail bisa ditanyakan ke Facebook Team. Seharusnya memang Facebook kita manfaatkansecara positif.Dampak baiknya mungkin banyak yang tahu. Dampak buruk yang terkadang tidak kitasadari. Saya uraikan beberapa hal
dampak buruk Facebook:
1. Mengurangi kinerja
Banyak karyawan perusahaan, dosen, mahasiswa yang bermain facebook pada saat sedang bekerja. Mau diakui atau tidak pasti mengurangi waktu kerja. Sebenarnya bisa dikurangiakibatnya jika kita bisa memanage waktu yaitu bermain facebook ketika istirahat. Sayasendiri mengharamkan facebook bagi diri saya ketika saya sedang di institut. Hari seninsampai jum’at dari jam 9 sampai jam 18 adalah waktu terlarang bagi saya untuk membukafacebook.
2. Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
Mau diakui atau tidak ini terjadi jika kita membuka facebook saat sedang bersama keluarga.Sebuah riset di inggris menunjukan bahwa orang tua semakin sedikit waktunya dengan anak-anak mereka karena berbagai alasan. Salah satunya karena Facebook. Bisa terjadi sang suamisedang menulis wall, si istri sedang membuat koment di foto sementara anaknya diurusi pembantu. Saya termasuk orang kolot dalam hal ini. Saya akan membatasi diri saya dankeluarga saya untuk sekedar bermain facebook atau sms-an yang tidak penting saat bersamakeluarga.
3. Tergantikanya kehidupan sosial
Facebook sangat nyaman sekali. Saking nyamannya sebagian orang merasa cukup dengan berinteraksi lewat facebook sehingga mengurangi frekuensi ketemu muka. Ada sebuah halyang hilang dari interaksi seperti ini. Bertemu muka sangat lain dan tidak seharusnyadigantikan dengan bertemu di dunia maya. Obrolan, tatapan mata, ekspresi muka, candalewat ketawa tidak bisa tergantikan oleh rentetan kata2 bahkan video sekalipun.
4. Batasan ranah pribadi dan sosial yang menjadi kabur
Dalam Facebook kita bebas menuliskan apa saja, sering kali tanpa sadar kita menuliskan halyang seharusnya tidak disampaikan ke lingkup sosial. Persoalan rumah tangga seseorangtanpa sadar bisa diketahui orang lain dengan hanya memperhatikan status dari orang tersebut.
5. Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
Seringkali pengguna Facebook tidak menyadari beberapa data penting yang tidak semestinyaditampilkan secara terbuka. Seperti sudah dijelaskan dalam artikel tentang keamananfacebook, default dari info kita seharusnya tertutup dan tidak tertampil. Kalau memang adayang perlu baru dibuka satu per satu sesuai kebutuhan.
6. Pornografi
Sebagaimana situs jejaring sosial lainnya tentu ada saja yang memanfaatkan situs semacamini untuk kegiatan berbau pornografi.
7. Pemanfaatan untuk kegiatan negatif
Walupun telah diatur dalam peraturan penggunaan Facebook, tetap saja ada pihak yangmemanfaatkan facebook untuk kegiatan negatif melalui group ataupun pages.
8. Kesalahpahaman
Facebook merupakan jaringan sosial yang sifatnya terbuka antara user dan teman-temannya.Seperti kehidupan nyata gosip atau informasi miring dengan cepat juga dapat berkembang di jaringan ini. Haruslah disadari menulis di status, di wall dan komentar diberbagai aplikasiadalah sama saja seperti obrolan pada kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parahkarena bahasa tulisan terkadang menimbulkan salah tafsir. Sudah ada kasus pemecatanseorang karyawan gara-gara menulis yg tidak semestinya di facebook, juga terjadi penuntutanke meja pengadilan gara-gara kesalahpahaman di Facebook.
9. Mempengaruhi kesehatan (masih perdebatan)
Sebuah artikel di media inggris menyebutkan Facebook dapat meningkatkan stroke dan penyakit lainnya. Alasan yang dikemukakan menurut saya masih perlu dikaji lagi. Kalaumenurut pendapat saya bukan karena facebooknya tetapi karena kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer.Bagi saya pribadi yang sedang jauh dari keluarga merasa sangat beruntung karena bisa berhubungan dengan keluarga lewat dunia maya. Dengan facebook aktivitas keluarga dapatdiikuti walaupun berjauhan. Facebook adalah sarana, dampak baik atau buruk tergantung darikemampuan seseorang mengatur dirinya. Mari pergunakan sesuatu sesuai porsinya. Pahamidengan benar etika dalam kehidupun maya selayaknya etika di kehidupan nyata.
Contoh Contoh Jejaring Sosial
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringanantar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markassitus ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeliMySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik NewsCorporation.
2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalahsebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudianmengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapatmelihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejakawal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah adaversi untuk mobile-nya.
3. Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orangyang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni RamuYalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaimdirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.
4. Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley HighSchool. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya,keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts),Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyakperguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelahpeluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll)dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkansekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokuspada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, danmerupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4. Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yangmemberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjangmaksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrificdan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokalsuatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa palingtidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
5. Linkedln
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringanprofesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industridan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan inididanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedInmulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006
6. FUPEI
Jika anda melihat judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak situsini berbau Jepang atau Cina. Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalahkependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiripada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif.Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikutmemberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengannama fupeis.
7. Bebo
Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulanJanuari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris,Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yangberbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael danXochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar."Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
8. Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan darikaryawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena namaitu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba(Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlahuser sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
9. Yahoo! Meme
Sudah tahu-lah siapa yang membuat situs jejaring ini. Yahoo! Yap, Yahoo!merilisnya merilisnya pada bula Agustus 2009. Yahoo! Meme atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama memesendiri tidak memiliki arti khusus. Namun, istilah "meme" di web dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengancepat dan perhatian semua orang.Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan padatahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atauperilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadipada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supayaYahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistemfollower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
10. Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satulagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karenaternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika andacheck-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponseltersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yangsama).Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter,sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarikmengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
Podcasting
Podcasting adalah salah satu fenomena terbaru untuk memukul internet dan merebut banyak perhatian. Podcast adalah personal on demand broadcast atau (penyiaran atas permintaan pribadi). Penggunaan istilah "podcast" mendahului adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes . Konsep Podcasting dikembangkan selama tahun 2000 dan setahun kemudian teknologi untuk podcast sudah bangun dan berjalan. Meskipun demikian, itu adalah sekitar dua tahun setelah itu Podcasting yang menjadi sangat populer di internet sebagai cara mendistribusikan informasi audio-visual. Sebagai media iklan, Podcasting merupakan kemajuan besar dan yakin untuk menarik pembeli ke produk.
Sejarah
The "Podcasting" istilah pertama kali disebutkan oleh Ben Hammersley di The Guardian koran di sebuah artikel 2004 Februari, bersama dengan nama-nama yang diusulkan lain untuk media baru. Ini adalah portmanteau dari kata "pod" - dari Apple iPod -dan " penyiaran ". Podcasting mulai menangkap dengan publik pada akhir tahun 2004, meskipun selama 1998-2001 era dot-com ada beberapa "podcast" Banyak individu dan kelompok, termasuk kelompok Dawn dan Drew dari The Dawn dan Drew Tampilkan, Kris dan Betsy Smith dari Croncast dan Dan Klass dari The Pill pahit memberikan kontribusi terhadap munculnya awal dan popularitas podcast. Adam Curry , VJ , yang dikreditkan dengan datang dengan ide untuk mengotomatisasi pengiriman dan sinkronisasi konten tekstual untuk pemutar audio portabel . Aplikasi pertama untuk membuat proses ini layak adalah iPodderX, dikembangkan oleh Agustus Trometer dan Ray Slakinski. Sejak tahun 1930-an. Hari ini, melalui evolusi kemampuan internet, bersama dengan perangkat keras dan perangkat lunak lebih murah. Pada bulan Juni 2005, Apple merilis iTunes 4.9 dengan dukungan asli untuk podcast. Sementara ini membuat lebih nyaman menerima podcast, secara efektif mengakhiri kemajuan media podcast oleh pengembang independen.
Merek aplikasi
- 10 Februari 2005, Shae Spencer Manajemen LLC Fairport, New York mengajukan aplikasi
merek dagang untuk mendaftar podcast untuk sebuah "program rekaman radio online melalui
internet".
- Pada tanggal 20 Januari 2005, dikenal merek dagang yang berusaha untuk memanfaatkan
podcast meliputi: GodCast, Podcast Realty, GuidePod, Pod-Casting, MyPod, Podvertiser,
Podango, ePodcast, PodCabin, podcaster, PodcastPeople, PodShop, PodKitchen, Podgram,
GodPod dan podcast. Pada Februari 2007, telah ada 24 upaya untuk mendaftarkan merek
dagang yang mengandung kata "Podcast" di Amerika Serikat, tetapi hanya "Podcast SIAP"
dari Podcast Ready, Inc telah disetujui.
Berlangganan Podcasting
Langkah-langkah untuk menggunakan podcasting dengan iTunes adalah:
- Download software iTunes dari alamathttp://www.apple.com/itunes/download/ dan kemudian install di komputer Anda.
- Setelah diinstall, jalankan program iTunes. Di sebelah kiri terdapat sebuah panel bernama Source yang berisi sekumpulan item. Salah satu item yang terdapat di panel Source tersebut adalah Podcasts.
- Klik Podcasts di panel Source, maka tampilan di panel kanan akan berubah untuk menunjukkan daftar podcast langganan Anda. Saat ini daftar tersebut masih kosong.
- Untuk berlangganan podcast, Anda dapat mencari podcast-podcast yang sesuai dengan keinginan Anda di Podcast Directory iTunes. Untuk masuk ke Podcast Directory iTunes, klik label Podcast Directory yang terdapat di sebelah bawah daftar podcast. Untuk langkah ini komputer Anda harus terkoneksi dengan Internet.
- Di Podcast Directory, terdapat banyak pilihan podcast. Podcast-podcast yang populer ditampilkan langsung di halaman utama. Anda juga dapat mencari podcast yang Anda inginkan dengan memanfaatkan kotak pencarian yang terdapat di bagian atas Podcast Directory. Selain itu, di bagian kiri terdapat daftar kategori dari berbagai podcast yang tersedia. Anda dapat mengklik suatu kategori untuk melihat podcast-podcast yang terdapat di dalam kategori tersebut. Sampai saat post ini ditulis, terdapat lebih dari 6000 podcast yang terdaftar di Podcast Directory iTunes.
- setelah menemukan podcast yang Anda inginkan, klik nama podcast tersebut untuk memunculkan keterangan lengkap tentang podcast tersebut beserta tombol Subscribe. Selanjutnya klik tombol Subscribe itu untuk berlangganan podcast yang bersangkutan. Langkah ini dapat diulangi untuk podcast-podcast lain yang Anda inginkan.
- Sekarang klik kembali item Podcast di panel Source untuk masuk ke daftar podcast langganan Anda. Podcast yang Anda pilih tadi telah muncul di daftar tersebut.
- Untuk mengupdate podcast langganan Anda, klik tombol Update yang terdapat di bagian kanan atas. Selanjutnya iTunes akan secara otomatis men-download-kan episode terbaru dari semua podcast langganan Anda. iTunes juga akan menampilkan daftar episode-episode yang lebih lama.
- Setelah di-download, Anda bisa men-dobel-klik nama episode tersebut untuk memainkannya. Episode-episode yang lebih lama juga bisa di-download dengan menekan tombol Get yang terdapat di sebelah kanan nama episode tersebut.
- Selanjutnya iTunes akan secara otomatis meng-update semua podcast langganan Anda setiap hari. Anda bisa mengatur konfigurasi podcasting di iTunes melalui menu Edit | Preferences pada tab Podcasting.
Konsep RSS
RSS feed adalah salah satu teknologi yang berguna untuk mengambil berita/artikel dari website yang lain secara otomatis sehingga artikel atau berita yang diambil tersebut dapat langsung tampil pada halaman web yang kita inginkan atau langsung terkirim ke email kita. RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, sebelumnya dikenal dengan Rich Site Summary kemudian berganti menjadi RDF Site Summary. RSS ini banyak dipakai dikalangan blogger untuk saling berbagi atas artikel yang ada pada blognya, dan biasanya, website-website berita selalu menyediakan layanan RSS ini, dengan tujuan menyebarluaskan informasi yang ada pada webnya.
Sejarah
Format RSS itu didahului dengan beberapa upaya sindikasi web yang tidak mencapai popularitas yang luas. Ide dasar dari restrukturisasi informasi tentang website kembali sebagai awal tahun 1995, ketika Ramanathan V. Guha dan lain-lain di Apple Computer 's Grup Advanced Technology mengembangkan Kerangka Konten Meta. RDF Situs Ringkasan, versi pertama dari RSS, diciptakan oleh Dan Libby dan Ramanathan V. Guha di Netscape . Film ini dirilis pada bulan Maret 1999 untuk digunakan pada portal My.Netscape.Com. Versi ini dikenal sebagai RSS 0,9. Pada bulan Juli 1999, Dan Libby dari Netscape menghasilkan versi baru, RSS 0.91, yang disederhanakan format dengan menghapus elemen RDF dan menggabungkan elemen-elemen dari Dave Winer Format sindikasi scriptingNews 's. Libby juga diganti RSS Ringkasan Situs Kaya dan diuraikan pengembangan lebih lanjut dari format dalam "dokumen berjangka".
Manfaat
Rss mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk secara teratur memeriksa website untuk update, menciptakan ruang informasi unik atau "surat kabar personal". Setelah berlangganan ke feed, agregator dapat memeriksa konten baru pada pengguna-ditentukan interval dan mengambil pembaruan. Konten kadang-kadang digambarkan sebagai " ditarik "ke pelanggan, sebagai lawan dari" mendorong "dengan email atau IM. Tidak seperti penerima dari beberapa informasi "didorong", pengguna dapat dengan mudah berhenti berlangganan agregator dari feed. Fitur Aggregator sering dibangun ke situs portal, browser Web, dan program email. Sebagai contoh, jika ada banyak situs yang sering Anda kunjungi, tanpa RSS satunya cara Anda bisa mengetahui apakah apapun di situs telah diperbarui adalah pergi ke situs masing-masing individu. Hal ini dapat memakan waktu lama. Agregasi teknologi membantu Anda untuk mengintegrasikan situs ini dalam satu browser atau halaman yang dapat menampilkan informasi baru atau diperbarui dari semua situs yang Anda pilih, terlepas dari apakah konten teks, musik, gambar, atau video.
IPTV
I PTV (Internet Protocol Television) adalah suatu sistem dimana layanan digital televisi dikirimkan menggunakan Internet Protocol melalui jaringan infrastruktur diantaranya termasuk koneksi yang berkecepatan tinggi. Sebuah sistem IPTV digunakan dalam bisnis memungkinkan ratusan saluran TV dan video untuk dilihat pada jumlah yang tidak terbatas dari TV dan PC terhubung ke jaringan data yang ada.
IPTV VS Internet
Kurang lebih begini definisinya, IPTV adalah layanan dimana data dari signal tv digital ditransmisikan melalui Internet Protocol. Teknologi ini dianggap lebih murah dan efisien dibandingkan dengan teknlogi siaran yang ada sekarang (menggunakan coaxial cable dan atau tv satelit) karena dianggap tidak perlu membagun infrastruktur baru (menumpang pada jaringan internet yang sudah ada sekarang).
Jawabanya adalah:
Bandwidth. lalu seberapa besar kebutuhannya?
sebagai perbandingan standar definition video yang tidak dicompress membutuhkan 270 mbps untuk bisa di streaming dengan kualitas yang baik. sedangkan untuk format Moving Expert Group (MPEG-2) butuh sebesar 2 Mbps untuk mentransmisikan kualitas setara DVD adapun format MPEG-4 membutuhkan rate di kisaran 1 Mbps untuk mentransmisikan video dengan kualitas setara DVD
Contoh penerapan IPTV
1. TV broadcasting
2. Video-on-Demand (VOD)
3. Network-based Time Shifting (Pause Live TV)
4. TV on demand atau disebut juga Catch-up TV
5. Network-based Personal Video Recorder (NPVR)
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar